Friday, 23 June 2017 17:47:58

Cara Tepat Mencuci Kebaya Brokat Berpayet

Advertisement

Tips cara mencuci kebaya brokat berpayet yang baik - Kebaya adalah sebuah keindahan busana yang biasa dikenakan wanita Indonesia pada acara formal, adat, perayaan pesta seperti pernikahan dan semacamnya. Namun tahukah Anda, bahwa mencuci kebaya tidaklah mudah. Diperlukan ketelatenan dan kehati-hatian. Harus ada perawatan atau treatment khusus saat mencuci kebaya, khususnya kebaya brokat berpayet. Seperti halnya setiap busana yang didesain dengan bahan berbeda, kebaya brokat tentu memerlukan perawatan yang berbeda pula.

Nah, berikut ini kami ulas cara mencuci kebaya brokat berpayet yang baik yang bisa dijadikan acuan bagi Anda. Perawatan pada pakaian khas Indonesia ini memang harus diperhatikan dengan baik, agar kebaya brokat berpayet tidak berubah bentuk atau terlepasnya payet.

Cuci Pakai Tangan

Tahukah Anda bagaimana bisa sarong, kebaya brokat berpayet milik orang tua jaman dahulu bisa tahan lama dan tidak rusak? Rahasia cara mencuci kebaya brokat berpayet yang baik adalah dengan mencucinya secara manual, atau menggunakan tangan.

Kebaya Brokat Berpayet

Kebaya Brokat Berpayet

Cara menguceknya pun tidak sembarangan, penuh kehati-hatian. Rendam kebaya brokat berpayet selama 5 menit ke dalam air hangat, dan biarkan debu serta kotoran lain larut dalam air. Setelah itu kucek ringan, bila ada noda membandel seperti tumpahan kopi atau makanan berwarna, oleskan bahan alami jeruk nipis sebelum perendaman. Lalu kucek ringan.

Cara mencuci kebaya brokat berpayet yang baik juga tidak perlu dilakukan setiap kali sehabis dikenakan. Jika kebaya brokat berpayet hanya digunakan sekali dalam jangka waktu 2 jam, cukup angin-anginkan saja.

Pantang Menyikat Kebaya Brokat Payet

Dengan alasan apapun, menyikat bukanlah cara mencuci kebaya brokat berpayet yang baik. Menyikat justru akan merusak keindahan susunan payet dan menyebabkannya lebih mudah terlepas. Benang yang digunakan untuk menyematkan payet hanyalah 1 lajur, tentu jika kebaya brokat berpayet disikat, benang payet lebih mudah putus, dan buyarlah sudah desain payet pada kebaya.

Advertisement

Baby Shampoo, Lerak Soap atau Sabun Dari Kacang Ketika Mencuci Kebaya Brokat

Sangat dianjurkan ketika mencuci kebaya brokat berpayet yang baik dengan menggunakan sabun Lerak atau baby soap/shampoo. Seperti yang disebutkan pada poin pertama, jangan mencuci kebaya brokat berpayet dengan bahan berdeterjen tinggi. Hal tersebut bisa memudarkan bahan kebaya (luntur), serta merusak keindahannya.

Alternatif penggunaan sabun cuci kebaya brokat berpayet lainnya adalah sabun non-alkaline. Dengan sabun ini, debu, kotoran, bau keringat bisa hilang tanpa merusak kain kebaya.

Keringkan Di Tempat yang Sejuk

Setelah melakukan cara mencuci kebaya brokat berpayet yang baik di atas, cara mengeringkannya pun perlu diperhatikan. Pengeringan kebaya brokat berpayet hendaknya di tempat yang sejuk dan terlindungi dari sinar matahari langsung. Dan jangan menempatkannya pada mesin pengering, terlebih jika bahan kebaya brokat berpayet adalah kain satin sutra. Pengeringan dengan mesin justru akan memudarkan warnanya dengan cepat.

Pemakaian Pelembut Sebelum Menyimpan Kebaya Brokat Berpayet

Jika Anda ingin menggunakan pelembut pakaian semprot pada kebaya brokat berpayet, Anda harus menutupi kebaya dengan selembar kertas tipis, kemudian semprotkan pelembut pakaian. Hal ini bertujuan untuk tetap melindungi warna payet agar tidak pudar.

Nah, dengan memperhatikan cara mencuci kebaya brokat berpayet yang baik diatas, keindahan kebaya akan tetap terjaga serta tetap menampilkan corak dan desain brokat serta payet yang cantik. Semoga bermanfaat.

Artikel tentang bagaiamana mencuci kebaya brokat yang baik, khususnya kebaya brokat berpayet. Tips mencuci kebaya brokat berpayet agar awet. Category: Baju Kebaya, Tips Fashion. Tagged with: , , .

Terms: fashion, cara tepat mencuci kebaya brokat berpayet.